Jumat, 03 Agustus 2012


Do you love music ? Apa music favoritmu? Ada banyak aliran musik. Kali ini akan di bagi bagikan info tentang sejarah beberapa aliran musik yang eksis sekarang ini. So, check this out..

Rock n Roll
Kalo kamu kenal Elvis Presley, tentu kenal donk dengan musik satu ini. Rock n roll berkembang di Amerika Serikat akhir tahun 1940-an. Di tahun 1951, Alan Freed, seorang DJ di Cleveland, Ohio disebut sebut sebagai orang yang pertama kali menggunakan istilah “rock and roll” untuk music R&B yang gembira dan energetic. Alan Freed mengadakan konser rock and roll yang pertama, sewaktu bekerja sebagai DJ di stasiun radio WJW di Cleveland, pada tanggal 21 Maret 1952.

Dangdut
Dangdut is the music of my country. Meski sering dipandang sebelah mata dan dicap kampungan music ini tetap aja asik dan merakyat. Dangdut lahir sekitar tahun 1940-an. Musik Indonesia (melayu) ini udah dapat pengaruh dari India dan punya cengkok khas Arab. Kok bisa disebut dangdut? Di sebut dangdut karena instrument utama music ini adalah gendang yang menghasilkan suara “dang” dan “dut”. Nama ini sebetulnya adalah sebutan sinis dalam sebuah artikel majalah awal 1970-an bagi bentuk music melayu yang popular di kalangan masyarakat kelas pekerja saat itu.

Musik Country
Musik country dikenal dengan music cowboy. Musik ini lahir dari lagu rakyat Amerika Utara dengan campuran music kelt, musik gospel, dan mulai terdengar tahun 1920-an. Musik ini lahir pada rekaman permainan biola country John Carson dengan rekaman “Little Log Cabin in the Lane” oleh Okeh Records pada tahun 1923. Steel guitar masuk country pada tahub 1922, ketika Jimmie Tarlton bertemu dengan Hawaiian guitarist Frank Ferera pada pantai barat Amerika.

Hip-Hop
Hip-hop kayaknya lagi booming banget di kalangan anak muda. Musik ini berkembang tahun 1970-an dimulai dari The Bronx, New York dan dikembangkan oleh masyarakat Afro-Amerika dan Latin-Amerika. Hip hop pertama kali diperkenalkan oleh seorang Afro-Amerika, Grandmaster Flash dan The Furious Five. Musik ini merupakan perpaduan antara variasi musik dari Disc Jockey dan rapping. Selain itu, juga ada tarian breakdance dan seni visual grafitti sebagai bagian dari budaya hip-hop.

Keroncong
Ini dia nie musik asli Indonesia. Keroncong masih memiliki hubugan historis dengan musik Portugis yang di kenal sebagai fado. Keroncong berawal dari musik yang dimainkan para budak dan opsir Portugis dari daratan India (Goa) serta Maluku. Bentuk awal music ini disebut Moresco, yang diiringi oleh alat music dawai. Keroncong berkembang dengan penggunaan seruling dan gamelan. Maestro keroncong Indonesia adalah Alm.Gesang.

Musik Blues
Musik ini mungkin belum gitu terkenal di Indonesia. Namun, musik ini terkenal banget di Amerika Serikat. Musik yang mulai berkembang pada abad ke-19 M itu muncul dari musik – musik spiritual dan pujian yang biasa dilantumkan komunitas kulit hitam asal Afrika di AS. Musik yang menerapkan blue note dan pola call and response itu diyakini publik AS di populerkan oleh ‘Bapak Blues’ – WC Handy (1873 – 1958).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar